Program dan Kegiatan

Program dan Kegiatan

Dalam rangka mewujudkan sasaran organisasi dengan indikator sasaran sebagai tolok ukur keberhasilannya, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Malang menetapkan program operasional  organisasi yang telah disesuaikan dengan Mapping Permendagri No. 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah sebagai berikut :

NO

PROGRAM DAN KEGIATAN

   I.

PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN/KOTA

     A

Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah

        1

Penyusunan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah

        2

Koordinasi dan Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD

        3

Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah

 

    B

Administrasi Keuangan Perangkat Daerah

        1

Penyediaan Gaji dan Tunjangan ASN

        2

Penyediaan Administrasi Pelaksanaan Tugas ASN

        3

Koordinasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Akhir
Tahun SKPD

        4

Koordinasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Bulanan/Triwulanan/ Semesteran SKPD

        5

Penyusunan Pelaporan dan Analisis Prognosis
Realisasi Anggaran

 

    C

Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah

        1

Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Berdasarkan Tugas dan Fungsi

        2

Sosialisasi Peraturan Perundang- Undangan

        3

Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Perundang-
Undangan

 

    D

Administrasi Umum Perangkat Daerah

        1

Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan
Bangunan Kantor

        2

Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor

        3

Penyediaan Bahan Logistik Kantor

        4

Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

        5

Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang- undangan

        6

Fasilitasi Kunjungan Tamu

        7

Penyelenggaraan Rapat Koordinasi dan Konsultasi SKPD

 

     E

Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah

        1

Pengadaan Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya

        2

Pengadaan Sarana dan Prasarana Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya

        3

Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendukung Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya

 

     F

Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah

        1

Penyediaan Jasa Surat Menyurat

        2

Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

        3

Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor

 

     G

Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah

        1

Penyediaan Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan dan Pajak Kendaraan Perorangan Dinas atau Kendaraan Dinas Jabatan

        2

Penyediaan Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, Pajak, dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan

        3

Pemeliharaan Aset Tak Berwujud

        4

Pemeliharaan/Rehabi litasi Gedung Kantor dan Bangunan Lainnya

        5

Pemeliharaan/Rehabi litasi Sarana dan Prasarana Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya

        6

Pemeliharaan/Rehabi litasi Sarana dan Prasarana Pendukung Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya

 

     I

Peningkatan Pelayanan BLUD

        1

Pelayanan dan Penunjang Pelayanan BLUD

 

     II

 

PROGRAM PEMENUHAN UPAYA KESEHATAN PERORANGAN DAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

     A

Penyediaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk UKM dan UKP Kewenangan Daerah Kabupaten/Kota

        1

Pembangunan Puskesmas

        2

Pengembangan Rumah Sakit

        3

Pengembangan Puskesmas

        4

Rehabilitasi dan Pemeliharaan Puskesmas

        5

Rehabilitasi dan Pemeliharaan Fasilitas Kesehatan Lainnya

        6

Pengadaan Sarana Fasilitas Pelayanan Kesehatan

        7

Pengadaan Prasarana dan Pendukung Fasilitas Pelayanan Kesehatan

        8

Pengadaan Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan

        9

Pengadaan dan Pemeliharaan Alat Kalibrasi

        10

Pengadaan Obat, Vaksin

        11

Pengadaan Bahan Habis Pakai

        12

Distribusi Alat Kesehatan, Obat, Vaksin, Bahan Medis Habis Pakai (BMHP), Makanan dan Minuman ke Puskesmas serta Fasilitas Kesehatan Lainnya

 

     B

Penyediaan Layanan Kesehatan untuk UKM dan UKP Rujukan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota

        1

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil

        2

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin

        3

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir

        4

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Balita

        5

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan pada Usia Pendidikan Dasar

        6

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan pada Usia Produktif

        7

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan pada Usia Lanjut

        8

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Penderita Hipertensi

        9

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Orang dengan
Gangguan Jiwa Berat

        10

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Orang Terduga Tuberkulosis

        11

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Orang dengan Risiko Terinfeksi HIV

        12

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk pada Kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB)

        13

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk Terdampak Krisis Kesehatan Akibat Bencana dan/atau Berpotensi Bencana

        14

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Gizi Masyarakat

        15

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Lingkungan

        16

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Kerja dan Olahraga

        17

Pengelolaan Pelayanan Promosi Kesehatan

        18

Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Tradisional, Akupuntur, Asuhan Mandiri, dan Tradisional Lainnya

        19

Pengelolaan Surveilans Kesehatan

        20

Pengelolaan Upaya Kesehatan Khusus

        21

Pelayanan Kesehatan Penyakit Menular dan Tidak Menular

        22

Pengelolaan Jaminan Kesehatan Masyarakat

        23

Pengambilan dan Pengiriman Spesimen Penyakit Potensial KLB ke Laboratorium Rujukan/Nasional

        24

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat

        25

Operasional Pelayanan Puskesmas

        34

Operasional Pelayanan Fasilitas Kesehatan Lainnya

        35

Pelaksanaan Akreditasi Fasilitas Kesehatan di Kabupaten/Kota

        36

Investigasi Awal Kejadian Tidak Diharapkan (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi dan Pemberian Obat Massal)

        37

Pelaksanaan Kewaspadaan Dini dan Respon Wabah

        38

Penyediaan dan Pengelolaan Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)

 

     C

Penyelenggaraan Sistem Informasi Kesehatan secara Terintegrasi

        1

Pengelolaan Data dan Informasi Kesehatan

        2

Pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan

        3

Pengadaan Alat/Perangkat Sistem Informasi Kesehatan dan Jaringan Internet

 

     D

Penerbitan Izin Rumah Sakit Kelas C, D dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota

        1

Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Perizinan Rumah Sakit Kelas C, D dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya

        2

Peningkatan Tata Kelola Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota

        3

Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Kesehatan

 

   III

PROGRAM PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN

     A

Perencanaan Kebutuhan dan Pendayagunaan Sumberdaya Manusia Kesehatan untuk UKP dan UKM di Wilayah Kabupaten/Kota

        1

Pemenuhan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan sesuai Standar

        2

Pembinaan dan Pengawasan Sumber Daya Manusia Kesehatan

 

     B

Pengembangan Mutu dan Peningkatan Kompetensi Teknis Sumber Daya Manusia Kesehatan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota

        1

Pengembangan Mutu dan Peningkatan Kompetensi Teknis Sumber Daya Manusia Kesehatan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota

 

   IV

PROGRAM SEDIAAN FARMASI, ALAT KESEHATAN DAN MAKANAN MINUMAN

     A

Pemberian Izin Apotek, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan dan Optikal, Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT)

        1

Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Perizinan Apotek, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan, dan Optikal, Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT)

        2

Penyediaan dan Pengelolaan Data Perizinan dan Tindak Lanjut Pengawasan Izin Apotek, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan, dan Optikal, Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT)

 

     B

Penerbitan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dan Nomor P-IRT sebagai Izin Produksi, untuk Produk Makanan Minuman Tertentu yang dapat Diproduksi oleh Industri Rumah Tangga

        1

Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dan Nomor P-IRT sebagai Izin Produksi, untuk Produk Makanan Minuman Tertentu yang dapat Diproduksi oleh Industri Rumah Tangga

 

     C

Penerbitan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) antara lain Jasa Boga, Rumah Makan/Restoran dan Depot Air Minum (DAM)

        1

Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Penerbitan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) antara lain Jasa Boga, Rumah Makan/Restoran dan Depot Air Minum (DAM)

 

     D

Pemeriksaan dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Post Market pada Produksi dan Produk Makanan Minuman Industri Rumah Tangga

        1

Pemeriksaan Post Market pada Produk Makanan-Minuman Industri Rumah Tangga yang Beredar dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan

 

   V

PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG KESEHATAN

     A

Advokasi, Pemberdayaan, Kemitraan, Peningkatan Peran serta Masyarakat dan Lintas Sektor Tingkat Daerah Kabupaten/Kota

        1

Peningkatan Upaya Promosi Kesehatan, Advokasi, Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat

     B

Pelaksanaan Sehat dalam rangka Promotif Preventif Tingkat Daerah Kabupaten/Kota

        1

Penyelenggaraan Promosi Kesehatan dan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat

     C

Pengembangan dan Pelaksanaan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) Tingkat Daerah Kabupaten/Kota

        1

Bimbingan Teknis dan Supervisi Pengembangan dan Pelaksanaan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM)