SDM - TENAGA KESEHATAN PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN MALANG

Informasi Tenaga Kesehatan diperlukan bagi perencanaan dan pengadaan tenaga serta pengelolaan kepegawaian. Kesulitan memperoleh data ketenagaan yang mutakhir disebabkan antara lain oleh sifat data ketenagaan yang selalu berubah terus-menerus.

Data Tenaga Kesehatan yang digunakan saat ini dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten sendiri dan seluruh UPTD Dinas Kesehatan Kabupaten Malang serta seluruh Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Khusus yang ada baik Pemerintah maupun Swasta, Dokter umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi dan Bidan Praktek Swasta.

Tabel 3.1 Jumlah Ketersediaan SDM Kesehatan di Kabupaten Malang Tahun 2020

                     

                     Sumber : Seksi SDMK, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang

 

Data yang tertera dalam tabel 3.1, merupakan data jenis SDM kesehatan yang dicatat dari setiap Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) atau Institusi kesehatan di kabupaten Malang.

Tabel 3.2 Jumlah Ketersediaan SDM Kesehatan di Kabupaten Malang Tahun 2020
        

                     Sumber : Seksi SDMK, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang

 

Jika pada tahun – tahun sebelumnya jumlah total SDM Kesehatan per Puskesmas disajikan dengan angka total dalam table diatas, maka pada tahun ini perhitungan nya menjadi berbeda, karena adanya perubahan metode. Dimana SDM Kesehatan yang bekerja di lebih dari satu Fasyankes atau Institusi Kesehatan dihitung satu. Dengan demikian jumlah SDM Kesehatan per Puskesmas angkanya akan lebih kecil jika dibandingkan jumlah di tahun – tahun sebelumnya. Cara perhitungan didasarkan pada Nomor Induk Kependudukan (NIK) masing – masing SDM Kesehatan, sehingga didapatkan jumlah sebagai berikut :

Tabel 3.3 Rekapitulasi SDM Kesehatan Dihitung Per NIK di Kabupaten Malang Tahun 2020

                     Sumber :Seksi SDMK, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang